Senin, 01 April 2013

PENGALAMAN PERTAMA IKUT PERLOMBAAN FREEDIVING

PENGALAMAN PERTAMA IKUT PERLOMBAAN FREEDIVING DI KUALA LUMPUR

Saya diberitahukan oleh teman saya dari Malaysia bahwa Indonesia akan mendapatkan jatah 3 orang saja, dimana pertandingan akan diadakan pada tanggal 22 Maret sampai dengan 23 Maret 2013 ini... Berimaginasi sebentar, sepertinya seru nih kalau ikutan... langsung saja saya ajukan untuk ikut dan peserta indonesia yang lainnya yaitu Bayu dan Jason tentunya.

Dengan perjalanan waktu yang cepat tibalah saatnya saya dan teman teman mempersiapkan diri mulai tempat penginapan, tiket pesawat terbang, pemberat leher, biaya pendaftaran, dokumen pasport, surat keterangan dokter dan lain lain.
Kami bertiga dengan ditemani oleh satu orang wanita cantik dan heboh sehingga perjalanan ke Kuala Lumpur menjadi tidak melelahkan dan membosankan.
Setibanya di LCCT Kuala Lumpur, teman saya (Bayu) sudah sampai duluan dan lalu kami berempat dijemput oleh teman kami yaiut Azam. Dari LCCT , kami diantar dahulu ke tempat tinggal Azam kemudian setelah itu menuju ke TKP (kolam renang PJ Palm pool Kuala Lumpur).

Ini dia tempat penginapan kami yang bersih dan nyamaan... :)



Di Kolam, kami diwajibkan untuk mendaftarkan dahulu dan menyerahkan surat keterangan dokter ke panitia dan juga membayar biaya pendafaran.
Setelah selesai melakukan pendafataran kami berkenalan dengan para panitia disana, freediver yang ikut kompetisi juga dan akhirnya kami bisa menemui guru kami dan juga juri saat pertandingan nanti yaitu Richard dan Sarah. Total peserta sebanyak 11 orang dengan total hadiah sebanyak 6 hadiah (Monofin dan Bifin carbon). 
Pada akhirnya mulailah teknikal meeting yang dijelaskan oleh juri hal hal peraturan dalam pertandingan mulai area warming up, area pertandingan, waktu, safety freediver, medical doctor, dokumentasi sampai aturan hukuman bagi freediver yang melanggar aturan yang sudah ditentukan oleh AIDA International.

Inilah beberapa peserta yang tertangkap kamera termasuk juri dari kiri ke kanan : Jason (Indonesia), Sarah (AIDA Judge), Richard (AIDA Judge), Bayu (Indonesia0, Walter (USA) dan Radzi (Malaysia)

Seru sekali mengingatkan kembali saya sewaktu mengikuti kompetisi renang tingkat international ke Singapore dan Bombay.
Dalam freediving, kami diwajibkan mengisi waktu dan jarak yang diinginkan untuk masing masing jenis yang dipertandingan, sehingga dari hasil tersebut bisa ditentukan siapa yang mulai duluan dan siapa yang paling terakhir untuk ikut pertandingan  ini.

Ini dia foto foto 11 peserta dari manca negara termasuk AIDA judge juga disini :

Bayu, AJ dan JJ 
Susan (Norwegia)


Radzi (Malaysia)
Walter (USA)


Teo Kim Seng (Malaysia)
Jade (Canada)

Azam (Malaysia)
JP (Belgia)


Andrrea (Italia)
AIDA Judge dan Indonesian Freediver

Lumayan membingungkan pada awalnya tapi secara keseluruhan bisa dipahami sedikit demi sedikit dan banyak bertanya ke tetangganya alias sesama freediver. Peserta yang baru pertama kali ikut kompetisi cuma ada 4 freediver yaitu 3 freediver dari Indonesia dan 1 freediver wanita dari Malaysia yaitu Radzi. Selain itu mereka freediver, instrukur freediver pula yang sering ikut kompetisi baik di kompetisi kejuaraan dunia freediving maupun yang cuma nasional ajah.

Kompetisi pertama pada tanggal 23 Maret 2013 dimulai terlebih dahulu adalah kompetisi DYN (Dynamic with Fin) dan DNF (Dynamic no Fin).
Setibanya di kolam mereka para freediver sudah melakukan relaksasi , sedangkan kami bertiga sibuknya foto foto lari kesana ke mari hahaha... dasar Indonesian Freediver lebih fokus foto foto daripada kompetisi. Tujuannya sih supaya gak tegang kebawa suasana kompetisi, dan pastinya sih setelah foto sana sini yaaah .. baru deh melakukan peregangan otot, relaksasi dan lain lain deh termasuk pake sunblock hehehe.. takut item soalnya aku dapat waktu siang hari.
Mulailah siang hari giliran saya diumumkan untuk melakukan pemanasan dan terjunlah ke kolam yang panas teriknya yang minta ampun. Saya ditanya oleh salah satu safety freediver, mau pemanasan apa nih.. hehehe.. saya cuma ngomong, nanti dulu yah saya mau coba kolamnya dulu setelah itu baru static 1 kali ajah. Safety freedivernya cuma senyum dan bingung sedangkan freediver yang lain pemanasan static 3 sampai dengan 4 kali... hahaha... Maklum kebiasaan saya tuh cukup static satu kali sudah kalau kebanyakan static bisa stress nantinya, menurut saya sih. Ya kembali lagi ke orang masing masing sih.
Waktunya performance.... eng ing eng... tunggu tanda dari juri kalau waktu tinggal 5 detik lalu siap tarik napas lalu bleees masuk dalam air dengan menggunakan gaya dolphin tapi finnya pake bifin hehehe... setelah sampai 50 meter so far so good laah balik badan menuju 100 meter nih... pd saat penyelaman tak terasa badan naik ke permukaan sehingga pada saat saya berhenti di 78 meter, juri memberi kartu warna kuning buat saya. Sehingga saya mendapatkan penalty potong point sebanyak 5 point. Wah wah... pengalaman yang luar biasa deh. Setelah itu saya tersenyum untuk potongan penalty tidak sebanyak seperti teman saya yaitu Bayu hahahaha... sorry pak Bayu.
Dan setelah selesai kompetisi Dyniamic with fin lalu dilanjutkan dengan Dynamic no fin.
Seperti biasa lah.. panggilan warming up time buat saya sudah tiba lalu saya terjun untuk melakukan warming up dengan melakukan 1 kali static saja cukup dan tunggu giliran saya untuk maju.
Tibalah saatnya saya masuk ke area pertandingan dan menunggu tanda dari Juri menghitung dari 5, 4, 3 lalu saya siap tarik napas dan bluuur masuk ke dalam air. Kerugian pertama saya sewaktu setengah kolam sekitar 25 meter, masker sebelah kanan saya kemasukan air ... weleh bikin ilang konsentrasiii nih, bener ajah pas balik menyentuh 50 meter , badan saya terasa naik kepermukaan dan langsunglah saya berhenti di 66 meter dan setelah menunggu keputusan juri ternyata saya dapat kartu merah. Hahaha...  pengalaman lagi bertambah nih... lengkaplah kartu yang diberikan juri, pertama kuning, kedua merah dan pastinya yang ketinga putih dooong... supaya lengkap warna warni getoo deh.

Setelah selesai kompetisi yaah tentunya tidak kelupaan makan makanlaah.... tidak usah diceritain yah hehehe.. :)

Kompetisi berikutnya pada tanggal 24 Maret 2013 hanya satu yaitu STA (Static Apnea).
Nah pada tanggal ini perasaan saya kurang enak termasuk snewen dan lain lain deh.
Dan saya kebagian nomer urut ke 4 dan dalam kompetisi ini, melakukan static apnea nya berbaringan alias dua freediver sekaligus. jadi saya masuk urutan ke dua deh...
Tiba saatnya saya dipanggil untuk melakukan pemanasan, dan seperti biasa saya melakukan static apnea cuma 1 kali saja yang dibantu sebagai buddy yaitu Nora. Ternyata hasil pemanasan static saya kurang bagus dan kepala saya mulai agak pusing seperti terasa di leher belakang sakit seolah olah tekanan darah saya naik sehingg kepala sakit. Lalu tunggulah sampai nama saya dipanggil untuk masuk ke area pertandingan bila kepala saya masih sakit ya , saya tidak akan melakukan static maksimal cukup 2 menit saja.
Tiba lah saat nya giliran saya dan ternyata sakit kepalaku masih terasa dan saya putuskan dalam hati untuk melakukan static cukup 2 menitan lebih saja. Sehingga Juri dan juga Instruktur freedive Richard tanya ke saya kenapa dan saya kasih taunya lagi sakit kepala... Karena static apnea terkahir saya sebelum ke malaysia itu 3:46 menit.  Dan akhirnya lengkap lah sudah kartu yang dikeluarkan oleh juri yaitu WHITE CARD... horeee... lengakp ada merah, kuning dan puttiiiih... hehehe... :)
Dan untuk mendapatkan point banyak para peserta bisa kejar di static ini sehingga ada 3 peserta yang mendapatkan kartu merah diantaranya karena gejala blackout, dan melanggar aturan yang sudah ditentukan oleh AIDA rule dalam kompetisi.

Saya upload yang cuplikan bertanding saja yah. ini link nya :

Cuplikan Saat Kompetisi di Kuala Lumpur .... Oiya maap yaak mau kasih tau itu kepala aku saat buka link ini... seperti udah jago dan master yaah padahal belum hehehehe.... :)

Untuk yang kita pesan sesuai dengan permintaan nanti akan diupload menyusul yaitu performance kita saat bertanding di kuala lumpur.




4 komentar:

  1. Seru banget pengalamannya. Saya masih pemula freedive dan lagi belajar static apnea. Baru sekali latihan cuma bisa kuat 45detik dan gak pernah bertambah. Hopeless :(

    BalasHapus
  2. Seru banget pengalamannya. Saya masih pemula freedive dan lagi belajar static apnea. Baru sekali latihan cuma bisa kuat 45detik dan gak pernah bertambah. Hopeless :(

    BalasHapus

  3. mau main taruhan bola online, aman dan terpercaya. agent sbo ibc maxbet resmi. dengan promo bonus member baru dafftar segera di https://goo.gl/OQKZcJ
    Whatsapp : +8498764303
    BBM : 7AABD79C
    WeChat : fifagol
    LINE : fifagol
    Bank Support : BCA, MANDIRI, BNI, BRI
    Facebook : https://www.facebook.com/fifa.gol.7
    atau mau liat gambar sexy abg https://goo.gl/8QSaFv atau tante sexy https://goo.gl/Hm3qfT berita bola pun ada https://goo.gl/ltFSUY yuk berkunjung

    Prediksi bola dan berita

    Abg Sexy Pamer toket

    Jablay pamer meki

    Agen terpercaya MAXBET

    Agen resmi terpercaya SBO*BET

    BalasHapus
  4. OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah daftar agen wisata karimunjawa resmi & terpercaya Daftar Agen Wisata dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

    BalasHapus